sonic linguistic : technology wal magazine dan graphic desain menjadi 2 perlombaan dengan jumlah peserta yang cukup banyak. keindahan dan kreativitas menjadi dua aspek perpaduan dalam dua lomba yang berhubungan dengan seni ini.

![]() |
suasana ramai dalam lomba Technology Wall Magazine |
Lomba technology wall magazine diperuntukkan untuk siswa/siswi SMP dan SMA sederajat. Dalam lomba ini aspek kreativitas, kerapihan dan tampilan 3 dimensi menjadi tiga hal utama dalam penjurian. Masing-masing tim yang terdiri dari maksimal 5 orang harus membuat majalah dinding tiga dimensi yang berisi minimal 5 artikel dan disesuaikan dengan tema, yaitu : Technology for outer space.
Walaupun pada mulanya sempat terjadi kesalahan teknis dalam hal mic yang mati-nyala, namun tidak terjadi keterlambatan waktu dimulainya lomba pukul 09.00 tepat. Para peserta diberikan waktu 4 jam untuk menyelesaikan karya mereka. Tema yang berhubungan dengan luar angkasa tersebut menjadikan banyaknya tim yang membuat berbagai replikasi benda luar angkasa, seperti : planet, satelit, dan matahari. Bahkan, imajinasi liar seperti alien dan UFO turut dijadikan hiasan dalam tiap kreasi majalah dinding tiga dimensi para peserta yang berpartisipasi.
![]() |
mading 3 dimensi SMAN 2 Krakatau Steel |
![]() | ||||||||||||||
Lomba lainnya yang berhubungan dengan seni dan keindahan adalah Graphic Design. Sama halnya dengan lomba Technology Wall Magazine, lomba Graphic Design juga cukup menarik perhatian. Lomba yang diperuntukkan untuk jenjang SMP/SMA sederajat ini, jumlah pesertanya mencapai 34 orang dan kebanyakan diikuti oleh siswa laki-laki. Jika dalam Technology Wall Magazine, peserta harus membuat karyanya di MAN Insan Cendekia hari ini, Sabtu (25/2), maka pada lomba Graphic Design, peserta cukup mengirimkan desain grafis yang di buat di komputer kemudian di kirim kepada panitia Sonic Linguistic untuk dipresentasikan pada hari ini, Sabtu (25/2). Tema graphic design yang hampir mirip namun lebih rumit dari Technology Wall Magazine, yaitu another real life of the pieces of outer space membuat para peserta cukup sulit dalam mencari ide desain grafisnya.
![]() |
Graphic Desain yang dinilai cukup bagus oleh para juri |
“ada 4 aspek yang menjadi penilaian untuk desain grafis para peserta, diantaranya : keaslian ide, kreativitas, presentasi, dan kesesuaian tema.” Ungkap Fathy Madani, panitia lomba Graphic Design. Presentasi para peserta Graphic Design dimulai sejak pukul 09.00 pagi sampai 15.00 sore. Salah satu peserta Grapic Design dari SMAN 2 Krakatau Steel, Shanny Nor membuat desain grafis dengan satu kalimat unik didalamnya, “Mereka (alien) bias damai, kenapa di Bumi tidak?” . siswa kelas 3 yang baru saja Try Out ini menyelesaikan desain grafisnya hanya dalam waktu 2 hari. Namun, ia optimis untuk menang dalam lomba Graphic Desain kali ini. Komentar para juri yang tegas dalam menilai tiap detail desain grafis para peserta membuat suasana didalam ruang presentasi cukup tegang. ***
![]() | |
desain grafis Shanny Nor, siswa SMAN 2 Krakatau Steel. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar