Minggu, 19 Februari 2012

saman dance in action

sonic linguistic : tari saman adalah tarian khas daerah yang membutuhkan keseragaman formasi dan ketepatan waktu. para penari saman haruslah memilki konsentrasi tinggi dan latihan serius agar dapat membawakan tari saman yang sempurna.

cacing on the spot (sabtu, 19 Februari 2012)
tari saman adalah salah satu tari tradisional yang sangat terkenal dari Aceh. tari yang memadukan kekompakan gerak penarinya dengan iringan musik harmonis berisi syair puji-pujian kepada Allah SWT ini telah ditetapkan sebagai Daftar Representatif Budaya Tak Benda Warisan Manusia olehUNESCO pada sidang ke-6 Komite Antar-Pemerintah untuk Perlindungan Warisan BUdaya Tak Benda. tari saman mulanya bernama Pok Ane dan diciptakan oleh seorang ulama bernama Syekh Saman. karena ketenarannya, tak heran apabila tari saman kini telah diperlombakan di berbagai sekolah-sekolah baik negeri maupun swasta.

salah satu sekolah yang mejadikan tari saman sebagai sebuah perlombaan adalah MAN Insan Cendekia dalam ajang sonic linguistic 2012. perlombaan tari saman diadakan Minggu (19/2) di Gedung Serba Guna MAN Insan Cendekia Serpong. berbagai sekolah menampilkan pertunjukan tari saman yang sangat memikat. mengingat rumit dan cukup cepat tempo dalam tarian ini, maka tak menutup kemungkinan peserta tari saman melakukan kesalahan gerakan. salah satu sekolah yang menjadi peserta dalam lomba tari saman ini adalah SMAN 1 Tangerang. jumlah penari saman yang tak kurang dari 15 orang beserta 2 orang pelatih ini telah berlatih selama satu tahun. para penari saman SMAN 1 Tangerang tersebut sangat optimis untuk menang dalam ajang tari saman di sonic linguistic 2012. menurut Kak Evi, pelatih saman SMAN 1 Tangerang, keunikan tari saman terletak pada gerak harmonis para penari dan kekompakan dalam menari. untuk itu, diperlukan banyak latihan, agar dapat menciptakan tari saman yang indah. "para penari saman harus menyatukan hati agar tarian lebih hidup, karena percuma banyak latihan apabila hati dan emosi para penari saman tidak menyatu." ungkap Kak Evi yang telah menjadi penari saman sejak kecil. 


latihan tari saman SMAN 1 Tangerang sesaat sebelum  tampil.

berbeda dengan SMAN 1 Tangerang yang sudah mempersiapkan diri dengan berlatih selama 1 tahun bersama pelatih saman yang handal, SMAN CMBBS yang mengirimkan 2 kelompok saman dalam ajang tari saman sonic linguistic hanya mempersiapkan waktu 2 bulan dalam latihan tari saman yang dilombakan. kurangnya waktu berlatih disebabkan banyaknya kegiatan menjadi kendala dalam hal persiapan penari saman SMA yang berada di daerah Pandeglang ini. namun optimisme para penari saman tetap terlihat ketika 2 kelompok dari SMAN CMBBS tampil secara berurutan. dimulai dari tari saman laki-laki yang mengundang gelak tawa penonton sampai tari saman perempuan SMAN CMBBS yang cukup mempesona. "kita ga ada pelatih saman yang ahli, cuma ngambil contoh tari saman di video-video terus diterapkan di tari saman kita." ungkap Tria Pratiwi dan Aisyah Naqiyah sebagai pelatih tari saman SMAN CMBBS. 

tari saman laki-laki SMAN CMBBS

tari saman perempuan SMAN CMBBS
bagaimanapun akhirnya, perlombaan saman dalam ajang sonic linguistic 2012 tetaplah mendapat tempat di hati para penikmat seni, terutama penikmat seni tari tradisional. perlombaan tari saman juga melatih para peserta untuk dapat membawakan tarian dengan indah sekaligus dalam rangka melestarikan budaya bangsa Indonesia. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar